Minggu, 17 April 2011

Mainboard Paling Baru Gigabyte GA-Z68X-UD7-B3

Intel memang belum secara resmi merilis Chipset Z68, namun ternyata Mainboard GigaByte GA-Z68X-UD7-B3 telah terpampang pada sebuah situs e-tailer Norwegia dan dibandrol dengan harga $ 398 belum termasuk PPN 25%. Walaupun demikian, Gigabyte GA-Z68X-UD7-B3 baru akan tersedia pada tanggal 8 Mei 2011. Produsen lain seperti ASRockASUS dan MSI telah lebih dulu mendesain mainboard berbasis Chipset Intel Z68. Mereka memamerkan prototip mainboard tersebut pada ajang CeBIT 2011. Kemungkinan besar Gigabyte tak mau kalah dan kemudian mengikuti jejak para pesaingnya. 

Mainboard Gigabyte GA-Z68X-UD7-B3 bukan berarti akan hadir sebagai replika dari GA-P67A-UD7, karena paling tidak ada beberapa fitur tambahan seperti karakteristik X-Series dan setidaknya terdapat Dual-link DVI serta HDMI Video Output.

Mainboard Paling Baru Gigabyte GA-Z68X-UD7-B3

Sejenak kita ulas tentang Chipset terbaru Intel ini. Chipset Intel Z68 merupakan hybrid antara Chipset P67 dan H67, sehingga dapat digunakan untuk meng-overclocking Processor Sandy Bridge saat menggunakan grafis terintegrasi. Seperti diketahui Chipset P67/H67 tidak support terhadap FDI (Flexible Display Interface) yang diperlukan dalam penggunaan GPU on-die. Para penggemar (enthusiat) kemungkinan akan memilih Chipset Intel Z68 yang memungkinkan untuk menggunakan Quick Sync Media Accelerator dalam arsitektur Intel Core 2nd Generation. Hal ini akan mempercepat proses transcoding tanpa mempengaruhi kualitas gambar video dan hanya membutuhkan driver LucidLogix Virtu dalam meng-enable Switching GPU on-the-fly. Disamping itu Chipset Intel Z68 juga mendukung teknologi chacing SSD (Solid State Drive) yang disebut Intel sebagai Smart Response. Melalui Smart Response ini dapat digunakan dalam mempercepat sistem penyimpanan (storage), dengan memasangkan antara SSD dengan HDD (Hard Disk Drive) secara bersamaan.

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.Ping Blog