Sabtu, 30 Juli 2011

Roadmap 2012 AMD Untuk Processor Desktop

Tahun ini AMD belum menuntaskan rencana dalam merilis platform baru mereka Scorpius, yaitu perpaduan processor AMD Bulldozer dan Chipset AMD 9 Series. Namun demikian perseteruan dengan Intel yang membuat AMD mendesain processor masa depan dengan platform Corona yang menurut roadmap akan di-launching tahun 2012 mendatang. Hal ini dapat kita lihat dalam Roadmap 2012 AMD untuk processor desktop yang telah dibocorkan oleh zol.com.

Roadmap 2012 AMD Untuk Processor Desktop

Platform Corona akan menampilkan processor Komodo dengan fitur 10 core CPU Piledriver dan Turbo 3.0 serta menampilkan socket baru FM2 pengganti socket AM3+. Hudson D4 FCH (Fusion Controller Hub) berisikan chipset southbridge yang di-upgrade dengan dukungan native USB 3.0, dan kemungkinan integrasi chipset northbridge dalam CPU. Satu hal menarik adalah Trinity akan menggunakan socket FM2 sama seperti Komodo tetapi akan tetap mempergunakan FCH A75 atau A55 sama seperti Lynx.

Kemudian pada area Fusion, Lynx 2011 akan digantikan oleh Virgo di tahun 2012. APU Trinity tidak akan menampilkan core AMD Bulldozer, namun menggunakan hingga 4 core CPU Piledriver dan Turbo 3.0 untuk memperbaiki kelemahan performa CPU Lynx. GPU akan tetap mendukung DirectX 11, meskipun muncul rumor bahwa GPU VLIW-4 (Very Long Instruction Word) akan menggantikan GPU VLIW-5 yang saat ini digunakan pada AMD Fusion A Series. Terakhir ... Brazos akan digantikan oleh Deccan yang menampilkan APUs Wichita dengan 4 core Bobcat dan infrastruktur FT2. FCH A45 akan diganti dengan FCH berkode Yuba.

AMD di tahun 2012 nampaknya akan fokus pada penyamaan platform mainstream dan antusias. Saat ini antara A Series dan FX-Series seperti terpisah diantara dua dunia karena mempergunakan arsitektur CPU dan socket yang berbeda. Maka pada tahun 2012, baik FX-Series dan A Series atau generasi penerusnya akan menampilkan core CPU berdasarkan arsitektur yang sama yaitu Piledriver dan menggunakan infrastruktur sama yakni FM2.





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.Ping Blog