Kamis, 22 September 2011

NVIDIA Mengenalkan Companion Core Pada Kal-El

NVIDIA mengenalkan processor grafis Tegra dengan kode Project Kal-El yang secara luas dikenal sebagai chip quad core mobile pertama di dunia. Namun kali ini NVIDIA menambahkan satu core sehingga total terdapat lima core pada Kal-El. Core ke-lima ini berbeda dengan empat core lainnya yang disebut sebagai  "Companion Core" atau inti pendamping. Adapun fungsi Companion Core adalah untuk mengambil alih seluruh perangkat ketika sistem sedang mengerjakan tugas-tugas sederhana seperti audio / video player, web browsing ataupun beberapa proses yang tidak memerlukan kekuatan dari ke-empat core utama.

NVIDIA Mengenalkan Companion Core Pada Kal-El

Companion Core merupakan core Cortex-A9 mempunyai kecepatan clock maksimum 500 MHz dan dimaksudkan untuk menjadi kekuatan alternatif ketika quad core utama sedang berjalan pada XGHz. NVIDIA menyebutnya VSMP (Variable Symetric Multiprocessing). Companion Core dalam mode standby hanya memerlukan daya yang kecil.

Dalam whitepaper-nya NVIDIA menyebutkan bahwa L2 cache di-sharing antara Companion Core dan quad core utama. NVIDIA mengklaim bahwa processor Tegra quad core lebih hemat daya dibanding Tegra dual core 2 SoC yang ada pada saat ini. Bahkan NVIDIA juga memberikan klaim bahwa pada 40 nm, Kal-El mampu memberikan efisiensi VSMP sebesar 14 % hingga 61 %.

Sumber : NVIDIA

Baca juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.Ping Blog