Rabu, 23 Februari 2011

Mengenal Teknologi NVIDIA® SLI™

NVIDIA sebagai salah satu legenda pembuat GPU VGA Card juga memiliki teknologi untuk menggabungkan beberapa kartu grafis dalam sebuah Mainboard seperti halnya CrossfireX dari AMD-ATI, teknologi NVIDIA ini dinamakan SLI (Scalable Link Interface). Teknologi NVIDIA® SLI™ adalah sebuah inovasi platform revolusioner yang memungkinkan untuk mendapatkan kinerja skala grafis cerdas dengan menggabungkan Multi-GPU NVIDIA pada sebuah Motherboard bersertifikat SLI. Cara kerja NVIDIA® SLI™ adalah dengan menggunakan algoritma perangkat lunak dan logika skalabilitas berdedikasi pada masing-masing GPU NVIDIA. Dengan memakai teknologi NVIDIA® SLI™ akan diperoleh 2 kali performa jika memasang 2 VGA Card dan 2.8 kali performa bila menggunakan 3 VGA Card, dibanding solusi grafis tunggal.

mengenal teknologi nvidia sli

Untuk membangun PC berteknologi SLI, selain dibutuhkan Motherboard dan dua atau tiga GPU GeForce bersertifikat juga perlu PSU (Power Supply Unit) serta Casing yang telah mengantongi sertifikat SLI sehingga diperoleh kinerja dan stabilitas maksimum. Dalam menggabungkan beberapa VGA Card diperlukan Konektor SLI yang memungkinkan komunikasi antar GPU dengan kecepatan transfer hingga 1 GB/s.

Terdapat fitur SLI Antialiasing yaitu sebuah mode rendering baru mandiri yang menawarkan sampai dua kali lipat kinerja anti aliasing dengan memisahkan beban kerja antialiasing antara 2 VGA Card. Jika SLI Antialiasing ini diaktifkan maka akan diperoleh dua pilihan yaitu SLI 8x dan SLI 16x. Pada sebuah sistem Quad SLI bahkan mampu hingga SLI32x. Teknologi NVIDIA® SLI™ juga support penggunaan Multi-Monitor 2-way, 3-way dan konfigurasi SLI Quad. Multi-Monitor dapat diaktifkan melalui NVIDIA Control Panel.

Teknologi NVIDIA® SLI™ dapat diaktifkan pada setiap aplikasi game, termasuk aplikasi game OpenGL dan Direct 3D. Teknologi NVIDIA® SLI™ memberikan kinerja scaling 3D rendering frame, baik menggunakan  AFR (Alternative Frame Rendering) maupun SFR (Split Frame Rendering).

Teknologi NVIDIA® SLI™  telah mendukung PC berbasis Sistem Operasi :
- Windows XP 32-bit
- Windows XP 64-bit
- Windows Vista 32-bit
- Windows Vista 64-bit
- Windows 7 32-bit
- Windows 7 64-bit
- Linux 32-bit
- Linux 64-bit (AMD-64/EM64T)  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.Ping Blog